Selasa, 21 Januari 2014 - 11:56:34 WIB

Prodi Akuntansi, PDEB SV UGM Selenggarakan Pelatihan Audit dan Seleksi Auditor

Dalam rangka persiapan audit Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Wilayah DIY dan Jateng yang akan dimulai 27 Januari 2014. Kantor Akuntan Publik (KAP) Budiman, Wawan, Pamudji & Rekan menggandeng Prodi Akuntansi, Diploma Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM untuk menyelenggarakan pelatihan praktek audit pada hari Jumat, 17 Januari 2014 bertempat di Gedung Diploma Ekonomika dan bisnis, Sekolah Vokasi UGM. Peserta adalah mahasiswa angkatan 2011 yang sebagian akan diwisuda pada bulan Februari 2014 dan telah mengambil mata kuliah Praktikum Audit. 

     Pelatihan tersebut telah dibuka oleh Kaprodi Akuntansi Ibu Dra. Sumirah, M. Si. dalam sambutannya, ibu Kaprodi menyampaikan bahwa sebelumya banyak mahasiswa prodi akuntansi khususnya yang telah mengajukan dan diterima magang di beberapa kementerian, Bank Indonesia, perbankan dan lembaga-lembaga lain dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja. Untuk itu, melalui kerjasama dengan KAP Budiman, Wawan, Pamudji dan rekan diharapkan juga memberi bekal bagi mahasiswa untuk siap kerja. Kedepan, diharapkan kerjasama ini akan berlanjut khususnya terkait pengembangan praktikum di prodi Akuntansi dan perluasan kegiatan berupa pengabdian masyarakat pada para pengguna.

     Pada pelatihan tersebut, materi yang disajikan diantaranya adalah a). latar belakang, tujuan, dan sasaran Program PNPM, Mandiri Perkotaan, b). Sistem dan Prosedur Akuntansi, Laporan dan Formulir dari BKM/LKM yang disampaikan oleh Perwakilan KAP Budiman, Wawan, Pamudji dan rekan yaitu Bapak Sudarmono, SE., Akt dan materi c). Pemahaman penyusunan Program Audit dan penerapannya pada saat pekerjaan lapangan disampaikan oleh Kepala Laboratorium Sistem Informasi Akuntansi SV UGM Bapak Faiz Zamzami, SE., M. Acc., QIA serta materi yang tidak kalah penting d). Praktek Mengisi Kertas Kerja Pemeriksaan dan Praktek Menyusun Laporan Audit BKM/LKM yang disampaikan oleh tim KAP Budiman, Wawan, Pamudji dan rekan.

       Pada akhir sesi pelatihan diisi post test dengan tujuan untuk menyeleksi para mahasiswa untuk menjadi auditor PNPM Mandiri Perkotaan.  Pada hari Senin, 20 Januari 2014 telah diumumkan sebanyak 30 orang mahasiswa telah lolos seleksi untuk menjadi auditor dan terlibat langsung dalam penugasan audit PNPM Mandiri Perkotaan. (fz)