Selasa, 15 April 2014 - 13:24:46 WIB

Pendaftar Jalur Undangan SV UGM Capai 4 Ribu

Jumlah peminat memasuki Sekolah Vokasi (SV) UGM melalui jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) atau Undangan pada 2014 mengalami peningkatan signifikan selama dua tahun terakhir. Hingga kurang dua pekan batas akhir penutupan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru 2014 lewat jalur PBU, jumlah pendaftar di SV UGM jauh melebihi harapan.

 

Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan SV UGM, Dr. Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., sampai 14 April 2014 jumlah pendaftar mencapai 4.556 siswa. Padahal tahun 2014 ini SV UGM hanya menyediakan kuota sebanyak 1.220 kursi bagi mahasiswa baru.

 

“Jumlah pendaftar membludak hingga 273 persen dari kuota yang diberikan,” jelasnya, Selasa (15/5) di Sekolah Vokasi UGM.

 

Wikan memperkirakan pada tahun 2014 ini pendaftar SV UGM lewat jalur PBU akan mengalami kenaikan hingga 50 persen dibanding tahun lalu. Sebelumnya pada tahun 2013 pendaftar sebanyak 3.680 siswa, sedangkan tahun 2012 sebanyak 1.800 siswa.

 

“Di minggu ke-4 saja jumlah pendaftar sudah melampaui jumlah pendaftar tahun 2012 , lalu di minggu ke-7 sudah melampai pendaftar tahun 2013, dan di minggu ke-9 jumlahnya sudah lebih dari 4 ribu pendaftar. Saya yakin jumlah ini masih akan terus bertambah menjelang penutupan pendaftaran 30 April besok, mungkin bisa lebih dari 5 ribu,” urainya.

 

Lebih lanjut disampaikan Wikan, jalur PBU SV UGM terbagi menjadi 4 kategori. Salah satunya adalah Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik namun tidak mampu secara ekonomi. Kemudian, Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) ditujukan bagi putera-puteri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai oleh pemerintah daerah, institusi pemerintah ataupun perusahaan kredibel di daerah.

 

Berikutnya, Penelusuran bibit Unggul Berprestasi (PBUB) ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi di bidang ipteks, olahraga, atau seni. Lalu Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan (PBUSMAK) ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi sekolah dan merupakan 40 persen siswa terbaik di kelasnya mulai semester satu sampai lima.

 

“Penjaringan terbesar melalui PBUSMAK ini, bisa mencapai 80-90 persen dari kuota jalur PBU,” tuturnya.

Wikan memaparkan pada tahun 2014 SV UGM akan menerima sebanyak 2.440 mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan yakni jalur PBU, UTUL 1 dan UTUL 2. Sebanyak 50 persen  diantaranya akan diterima melalui jalur masuk tanpa tes atau PBU. Sementara selebihnya melalui ujian tulis (UTUL) dalam dua gelombang. UTUL gelombang pertama akan digelar bersamaan dengan Ujian Mandiri (UM) UGM. Selanjutnya UTUL gelombang kedua diadakan SV UGM dengan pendaftaran yang akan dimulai 9 Juni 2014 mendatang. (Humas UGM/Ika)