Senin, 12 Mei 2014 - 13:28:01 WIB

Mahasiswa Diploma Akuntansi PDEB SV UGM Juara II Lomba Akuntansi Antar Mahasiswa Politeknik/Sekolah

Prestasi yang baik ini telah diraih oleh Sari Kurniawati, mahasiswa Program Diploma Akuntansi, Program Diploma Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi (PDEB SV) yang sekarang duduk di semester 4, prestasi ini sangat membanggakan mengingat ajang kompetisi ini baru pertama kali Program Diploma Akuntansi mengirimkan wakilnya dan langsung menyabet gelar juara II. Kegiatan Lomba Akuntansi tingkat Nasional ini berlangsung di Politeknik Negeri Bali pada hari Jumat – Sabtu, 9-10 Mei 2014 yang diikuti secara rutin wakil – wakil mahasiswa yang terbaik dari masing-masing Politeknik/Sekolah Vokasi dan event ini sudah berlangsung selama empat tahun sehingga tahun 2014 adalah lomba yang ke-4. Kegitan ini telah didukung oleh Direktur Sekolah Vokasi dan Ketua Program Studi D III Akuntansi, dalam menyiapkan kegiatan lomba tersebut Kaprodi DIII Akuntansi sebelumnya telah menunjuk tim dosen sebagai pembimbing untuk menyiapkan lomba tersebut bagi mahasiswa.   
 
     Lomba ini diikuti wakil terbaik dari mahasiswa DIII akuntansi Politeknik/Sekolah Vokasi di seluruh Indonesia, Program Diploma Akuntansi PDEB SV UGM melalui Kaprodi Diploma Akuntansi Ibu Dra. Sumirah, M. Si telah menugaskan wakil dari mahasiswa yaitu Sari Kurniawati (angkatan 2012) dan Indah Dwi Astuti (angkatan 2012) serta didampingi salah satu dosen Program Diploma Akuntansi sdr Faiz Zamzami, SE., M. Acc., QIA. Pada lomba tersebut dua wakil dari mahasiswa Program Diploma Akuntansi semuanya berhasil lolos dalam babak penyisihan dan masuk ke babak final dengan menyisakan 20 peserta terbaik. Pada tahap penyisihan ini setiap peserta harus menyelesaikan 50 Soal multiple choice dan 10 Soal fill in the blank. Materi yang diujikan terdiri dari mata kuliah Akuntansi Keuangan,  Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi  Pemerintahan, Sistem & Pemeriksaan  Akuntansi, Perpajakan, dan Standar Akuntansi.
 
     Selanjutnya, pada babak final tiap peserta diminta untuk menyampaikan presentasi makalah sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Meningkatkan Kompetensi Akuntansi Berdaya Saing Global” dihadapan dewan juri dan selanjutnya peserta diwajibkan menyelesaikan kasus siklus akuntansi (mencakup semua kompetensi akuntansi yang ditekankan pada akuntansi untuk perusahaan manufaktur dan perpajakan) yang dikerjakan secara manual. Dari hasil babak final yang telah dilalui secara ketat. Juara I dimenangkan wakil dari Politeknik Negeri Bali yang sekaligus sebagai tuan rumah penyelenggara lomba tersebut yaitu Ni Luh Putu Anik Meliawati, juara II dimenangkan Sari Kurniawati dari Program Diploma III Akuntansi, Program Diploma Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM, dan juara III dimenangkan wakil dari Politeknik Negeri Jakarta yaitu Denis Sugiyarti.
 
     Hal yang menarik pada kegiatan lomba antar mahasiswa tingkat nasional ini adalah dewan juri berasal dari masing-masing pendamping Politeknik/Sekolah Vokasi dan dewan juri independen dari Kantor Akuntan Publik dan Kantor Pajak. Pada event itu juga menjadi ajang berbagi pengalaman antar dosen Diploma Akuntansi dan untuk Prodi Diploma Akuntansi khususnya, kegiatan ini dijadikan evaluasi untuk pengembangan Program Diploma Akuntansi kedepan dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa agar berdaya saing secara global.