Selasa, 10 Juni 2014 - 13:37:42 WIB

DUA MAHASISWA PDEB SV UGM WAKILI PERTUKARAN BUDAYA KE THAILAND

Prestasi yang membanggakan kembali diraih oleh dua mahasiswa dari Prodi Akuntansi Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi (PDEB SV UGM). Dessy Widya Astuti (Diploma Akuntansi 2012) dan Syamsa Midar Laksmiasa (Diploma Akuntansi 2012) mendapat kesempatan untuk mengikuti Indonesia-Thailand Friendship and Cultural Exchange Program (IT-FCP) 2014. Acara ini berlangsung pada tanggal 9-13 Mei 2014 di Bangkok, Thailand. Kedua mahasiswa ini sekaligus mewakili Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM. Peserta yang terlibat dalam acara ini tidak hanya dari UGM, namun dari universitas lain yang ada di Indonesia. Universitas-universitas tersebut di antaranya: UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNY, UNNES, USU, UMY, dan lainnya.  Proses seleksi untuk mengikuti acara ini juga cukup ketat, karena dari 153 pendaftar, hanya 50 orang yang lolos dan diterima.

        Acara IT-FCP 2014 ini adalah program yang diadakan oleh Komunitas Muda Menginspirasi UGM. Komunitas ini berada langsung di bawah naungan Dirmawa UGM. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasioanal. Selain itu agar para peserta dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang Negara Thailand. Rangkaian kegiatan acara IT-FCP 2014 ini di antaranya adalah diskusi mengenai Asean Economic Community 2015 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan tour kampus Chulalongkorn University. Kemudian para peserta diajak mengunjungi beberapa museum yang ada di Bangkok seperti Grand Palace, Wat Po dan Wat Arun.

          Puncak dari acara IT-FCP 2014 ini adalah “Indonesia Day” di mana para peserta menampilkan kebudayaan asli Indonesia di KBRI Bangkok. Kebudayaan yang ditampilkan terdiri dari berbagai macam tarian dari Sabang sampai Merauke, seperti saman, tor-tor, jaipong, sajojo, dll. Dengan adanya program ini diharapkan para peserta menjadi sadar betapa pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sampai generasi muda lebih bangga dengan kebudayaan Negara lain yang mengakibatkan kebudayaan Indonesia diakui oleh Negara lain. Selama kegiatan IT-FCP 2014 ini para peserta didampingi oleh 10 delegasi mahasiswa dari Thailand yang berasal dari Chulalongkorn University, Thammasat University dan Ramkhamhaeng University.