Rabu, 17 Desember 2014 - 13:08:03 WIB

Sistem Informasi, Tantangan Bagi Mahasiswa Diploma Akuntansi

Sistem Informasi (SI) memegang peranan yang cukup penting, terlebih di era globalisasi. Hampir di semua sektor bisnis di dunia, penggunaan sistem informasi menjadi kebutuhan yang utama. Mereka menggembangkan sistem informasi di perusahaan-perusahan agar mampu mendukung operasional bisnis.

Mulai dari akuntansi hingga pada layanan pesanan pelanggan, sistem informasi senantiasa menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasionalnya. Tren Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bisnis ini, terus mengalami perkembangan relatif cepat.

"Telah terjadi tren pergeseran ke knowledge-based works, perubahan pada transaction processing works dari otomatisasi ke computing adventage," kata Drs. Haryono, M.Com, pakar sistem informasi akuntansi, di Auditorium Sekolah Vokasi, Selasa (26/8).

Haryono menyatakan Sistim Informasi dan TIK terus diperlukan, sebab menjadi komponen penting bagi suksesnya sebuah usaha. Sistem informasi dan TIK membantu perluasan usaha dan persaingan.

"Disamping meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, penggunaan sistem informasi dan TIK membantu dalam pengambilan keputusan manajerial dan kolaborasi kerja tim," paparnya.

Berbicara pada kuliah umum mahasiswa baru program diploma Sekolah Vokasi UGM angkatan 2014, Haryono mengajak untuk selalu bersikap optimis. Sebab lapangan pekerjaan sesungguhnya senantiasa terbuka.

"Yang membuat lapangan pekerjaan terbatas itu ya diri kita, karena terkadang kita tidak tahu apa yang dikriteriakan perusahaan. Karena itu jadilah SDM-SDM yang direkrut untuk menyelesaikan masalah bukan penambah masalah," tutur Direktur Keuangan UGM.

Pendapat sama disampaikan Sidik Djaya, Direktur PT Net21Plus-MYOB. Lulusan D3 Akuntansi harus paham keahlian apa saja yang dibutuhkan perusahaan saat dibuka rekruitmen.

"Harus tahu skills yang dibutuhkan perusahaan itu. Tentu saja dari Akuntansi ini harus dapat dipercaya, mampu bekerja lama di perusahaan, mampu menyiapkan laporan pajak dan keuangan. Karena itu harus mennguasai tools yang dapat digunakan untuk itu," ungkapnya.

Dalam kuliah umum bertema Tantangan Mahasiswa Diploma Akuntansi Terhadap Perkembangan Sistim Informasi Akuntansi di Indonesia, hadir Muh. Ismail Thalib, S.Kom, SE., M.M, Direktur PT. Zahir Internasional. Sebelumnya tiga pihak, UGM,  PT Net21Plus-MYOB dan PT. Zahir Internasional berkesempatan menandatangani kerjasama bidang software akuntansi untuk pembelajaran mahasiswa Diploma Akuntansi UGM. (Humas UGM/ Agung)