Selasa, 09 Desember 2014 - 14:00:16 WIB

UGM Juara Asean Stock Challenge 2014

Tim Ekonomi mahasiswa UGM mendapatkan peringkat kedua atau juara Runner Up 1 di tingkat regional Indonesia dalam kompetisi saham regional, ASEAN Stock Challenge 2014. Acara digelar oleh CIMB Niaga, 3 Desember 2014 lalu.

Tim Ekonomi mahasiswa UGM ini terdiri atas ; Ratna Utami (Manajemen Hutan), Faiz Deja(GeofisikaAfil Devita (Ekonomi Perbankan-Sekolah Vokasi) serta Fuad Azhar dari Teknik Fisika, Fakultas Teknik. Tim ini dibimbing oleh Nazrul Effendy, Ph.D., (Dosen Teknik Fisika).

Menurut ketua tim Fuad Azhar kompetisi ASEAN Stock Challenge CIMB merupakan kompetisi perdagangan saham regional. Kompetisi yang telah memasuki tahun kelima tersebut diikuti oleh mahasiswa dari Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand dan Kamboja.

“Harapannya mereka memperoleh pengetahuan dan pengalaman pada perdagangan lintas batas di empat bursa saham utama ASEAN. Hal ini dilakukan dengan cara membeli dan menjual saham di dunia nyata serta melakukan online trading sepenuhnya sebagai simulasi,”papar Fuad, Selasa (9/12).

Fuad menjelaskan ASEAN Stock Challenge CIMB juga bertujuan memberikan banyak ilmu baru dan pengetahuan besar kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memahami industri pasar modal, yang sampai saat ini baru dipahami kurang dari 5% dari total masyarakat Indonesia. Dengan adanya kompetisi dan para juara kompetisi ini, CIMB Niaga berharap mahasiswa mampu menyebarkan pengetahuan tentang industri keuangan pasar modal dan saham kepada seluruh penduduk Indonesia.

“Ini penting apalagi nantinya ASEAN Economy Community (AEC) akan menciptakan suasana perekonomian baru di seluruh negara anggota ASEAN mulai tahun 2015,”pungkasnya (Humas UGM/Satria)