Selasa, 24 Februari 2015 - 15:34:54 WIB

SV UGM Menyelenggarakan Pelatihan Audit Keuangan dengan Software ACL

Perkembangan Teknologi Informasi akhir-akhir ini memberikan dampak pada pendekatan auditor dalam melakukan audit keuangan, untuk itu Sekolah Vokasi (SV) UGM melalui Vocational Development Center (VDC) menyelenggarakan Pelatihan dengan tema “Audit Keuangan dengan menggunakan Software Audit Command Language (ACL)”.

Bertempat di Sekolah Vokasi UGM, Wakil Direktur Bidang Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P2MK) SV UGM, Maun Budiyanto, ST.,M.T., berkesempatan membuka secara langsung kegiatan pelatihan yang dimulai pada hari Senin (23/2).

Rencananya, kegiatan pelatihan ini diselenggaran setiap hari selasa dan kamis sore selama satu bulan kedepan. Dalam kegiatan ini, turut menghadirkan pemateri diantaranya adalah Faiz Zamzami, SE.,M.Acc.,QIA dan Nabella Duta Nusa, SE.,CA.,Ak,M.Acc.Cand yang merupakan dosen program studi D3 Akuntansi SV UGM.

Materi yang akan dibahas selama pelatihan ini adalah Overview audit: Audit internal, Audit keuangan, Teknik audit berbantuan komputer dan Pengenalan ACL.

Selain itu, dalam pelatihan ini juga akan membahas mengenai langkah-langkah audit terutama dalam mengelola data, analisis data,sampling auditrelation, analisis Benford serta simulasi Audit yang terdiri dari Piutang, Payroll, Persediaan, dan Aset Tetap dengan menggunakan software tersebut.

Nabella yang menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan ini, menyampaikan bahwa ada beberapa software aplikasi yang dapat digunakan oleh auditor untuk membantu menyelesaikan pekerjaan audit, khususnya pada pekerjaan lapangan (olah data) serta dalam mendeteksi adanya fraud. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan dan cukup populer pada saat ini adalah software Audit Command Language (ACL).

Vocational Development Center (VDC) SV UGM sebagai salah satu pusat pelatihan di lingkungan UGM juga akan menyelenggarakan pelatihan bahasa, diantaranya pelatihan bahasa inggris, bahasa korea, dan bahasa jerman pada bulan Maret mendatang. Bagi mahasiswa yang berminat dapat mengunjungi website VDC SV UGM(Fz)