Rabu, 08 April 2015 - 15:55:01 WIB

Partisipasi SV UGM dalam Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UGM 2015

Sabtu, 04 April 2015, bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM, telah dilaksanakan acara Grand Final Seleksi Mahasiswa Berprestasi UGM. Dalam acara ini, Sekolah Vokasi mengirimkan 4 orang mahasiswa berprestasi yang telah mengikuti proses seleksi internal di Sekolah Vokasi UGM. 4 orang mahasiswa tersebut adalah Syamsa Midar Laksmiasa (Akuntansi), Tiffany Carina Oriordan (Rekam Medis), Tri Cahyono (Manajemen), dan Wirdatul Aini (Bahasa Inggris).

Adapun Seleksi Mahasiswa Berprestasi UGM tahun ini terdiri atas dua tahapan yaitu Super Camp 1 untuk memilih 10 besar mahasiswa berprestasi dari perwakilan tiap fakultas, seleksi dilanjutkan dengan Super Camp 2 yang diselenggarakan untuk memilih 2 mahasiswa terbaik UGM dari program S-1 dan Diploma yang akan menjadi perwakilan UGM dalam ajang seleksi Mahasiswa Berprestasi Nasional oleh DIKTI.

Sidik Purnomo, S.IP., M.Si. selaku Kepala sub-direktorat Kelembagaan dan Kegiatan Mahasiswa UGM secara resmi membuka acara tersebut. Acara dimulai dengan tes kemampuan Bahasa Inggris, dimana peserta diuji kemampuan Bahasa Inggrisnya dengan diberikan mosi secra undian berdasarkan topik nasional dan internasional terhangat saat ini. Selanjutnya finalis lain diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada finalis yang sedang mempresentasikan kemampuan bahasa Inggrisnya. Selain untuk menguji kecakapan Bahasa Inggris, model seleksi ini juga sebagai bentuk adaptasi dan persiapan mental menghadapi seleksi mahasiswa berprestasi nasional. Setelah mengikuti seleksi Bahasa Inggris, finalis mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dibuatnya di hadapan dewan juri dan penonton. Setiap finalis diwajibkan untuk membuat karya tulis ilmiah yang berisi solusi berbagai permasalahan di Indonesia berdasarkan bidang ilmu para finalis. KTI ini juga digunakan sebagai salah satu persyaratan sekaligus unsur penilaian dalam proses seleksi mahasiswa berpresatsi di samping prestasi, kemampuan Bahasa Inggris, Indeks Prestasi Kumulatif, dan klarifikasi Curriculum Vitae.

Dari keseluruhan rangkaian acara, UGM mengumumkan 6 mahasiswa UGM sebagai mahasiswa berprestasi UGM 2015, yang terdiri dari 3 kategori yaitu mahasiswa berprestasi program S1, mahasiswa berprestasi program D3, dan mahasiswa berprestasi UGM terfavorit untuk program S1 dan D3. Mahasiswa SV UGM yang terpilih menjadi juara 1 mahasiswa berprestasi untuk program D3 adalah Tri Cahyono dari prodi Manajemen, untuk juara 2 adalah Syamsa Midar Laksmiasa dari prodi Akuntansi, serta Tiffany Carina Oriordan dari prodi Rekam Medis sebagai Mahasiswa Berprestasi UGM tervavorit untuk program Diploma.