Selasa, 02 Agustus 2016 - 09:23:24 WIB

SEKOLAH VOKASI MENYELENGGARAKAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT, PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PEMDA KULON PROGO

Sekolah Vokasi Melalui Program Pengabdian masyakarat, menyelenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Di Pemda Kulon Progo


Kita mengetahui bahwa kewajaran Laporan Keuangan bisa diwujudkan dengan transparasi informasi Keuangan dan juga kompetensi personil yang berkaitan dengan pelaporan keuangan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman terhadap hal tersebut, Dosen program Diploma Tiga Akuntansi mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema kegiatan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Accrual dan Aspek Perpajakannya. Atas kerjasamanya dengan Pemerintah Daerah Kulon Progo, kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai Akuntansi di Pemda Kabupaten Kulon Progo dalam mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian yang telah dicapai tiga tahun berturut-turut.
Pelatihan yang telah diselenggarakan pada tanggal 28-29 Juli 2016 bertempat di Ruang Rapat Sermo, Kantor Bupati Kulon Progo ini dihadiri sekitar 40 peserta yang berasal dari berbagai unit kerja di daerah Kulon Progo, baik dari pegawai puskesmas hingga pegawai kecamatan yang berada di daerah Kulon Progo. Kegiatan tersebut mendapatkan sambutan baik oleh Bapak Hasto Wardoyo, SP. OG selaku Bupati Kulon Progo. Beliau menyebutkan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat membantu peserta dalam memahami penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah berbasis accrual serta aspek perpajakan, khususnya pajak daerah.




Dosen Akuntansi sedang menyampaikan materi Pelatihan
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai dari hari Kamis (28/7) dengan agenda penyampaian materi tentang Pajak Daerah yang disampaikan oleh Bapak Drs. Herman Legowo, M.Si., Ak., CA, yang kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Akuntansi akun-akun Neraca oleh Bapak Faiz Zamzami, SE., M.Acc., QIA, dan pada hari jumat (29/07) dengan agenda penyampaian materi tentang Akuntansi Laporan Realisasi Anggaran (LRA) oleh Bapak Faiz Zamzami, SE., M.Acc., QIA, serta tentang penyusunan laporan keuangan beserta praktek penyusunan laporan keuangan oleh Bapak Ihda Arifin Faiz, SE., M.Sc dengan didampingi oleh Nabella Duta Nusa, SE., M. Acc., CA dan Rizky Wulandari, SE., M. Acc.



Peserta kegiatan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dari program pengabdian masyarakat ini, sehingga untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan diadakannya FGD atau Focus Group Discussion terkait implementasi penyusunan Laporan Keuangan berbasis akrual dengan Pemda Kulon Progo.