Rabu, 14 September 2016 - 12:42:56 WIB

STUDIUM GENERALE UNTUK MENYAMBUT MABA 2016 (BERITA TERTUNDA)


       Sabtu 20 Agustus 2016 Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (DEB SV UGM) menggelar acara kuliah umum (studium generale) yang ditujukan bagi mahasiswa baru angkatan 2016. Tema kuliah umum yang diadakan di aula PKKH UGM ini adalah “Membangun Socio Entrepreneurial Spirit untuk Memenangkan Persaingan Global”. Tema ini dipilih karena diharapkan dapat menumbuhkan socio entrepreneurial spirit di kalangan mahasiswa baru yang akan bermanfaat nantinya dalam memenangkan persaingan global.


       Kuliah umum ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu Dr. H. Anggono Tirto Sakti, ST, S.IP., MM yang merupakan President Director PT SK Sejahtera, Muhammad Rizky yang merupakan CEO Pronusa sekaligus alumni Diploma Akuntansi UGM, dan Tri Cahyono yang merupakan mahasiswa berprestasi Alumni Manajemen UGM.

Gambar 1. Pukul 08.00 WIB, peserta antri untuk melakukan registrasi. 

      Acara ini berjalan dengan lancar. Acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini dibuka dengan nyanyian lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis SV UGM, Ibu Dra. Wahyu Hidayati, M.Si. Selanjutnya, Fadli selaku ketua Keluarga Mahasiswa Departemen Ekonomika dan Bisnis (KM DEB) memperkenalkan dan menjelaskan seluruh organisasi-organisasi yang ada di lingkungan DEB SV UGM kepada mahasiswa-mahasiswa baru.

     Acara kuliah umum ini dipandu oleh seorang moderator yang juga merupakan dosen DEB SV UGM yaitu Ibu Sakina Nursarifa. Selanjutnya, sebagai pembicara pertama, Tri Cahyono sukses menyulutkan api semangat kepada mahasiswa-mahasiswa baru. Cahyo, panggilan akrab Tri Cahyono, menceritakan pengalaman dan perjuangan selama menjadi mahasiswa DEB SV UGM untuk meraih prestasi-prestasi yang gemilang, diantaranya 2 kejuaraan internasional dan 5 kejuaraan nasional. Selanjutnya, sebagai pembicara kedua, Muhammad Rizky yang merupakan seorang wirausaha muda dan alumni DEB SV UGM menjelaskan tentang perjalanannya dalam berwirausaha sejak masih dalam bangku kuliah, sempat mengalami pasang surut. Namun berkat kegigihan, restu orang tua, dan campur tangan Tuhan, ia mampu berdiri pada tahap ini. Banyak usaha yang telah didirikannya, antara lain pronusa, juragan kaos, lincak café dll. Selanjutnya, pembicara ketiga yaitu adalah Dr. H. Anggono Tirto Sakti, ST, S.IP., MM selaku President Director PT SK Sejahtera. Beliau menjelaskan mengenai bagaimana menjadi manajemen yang professional.

Gambar 2. Tri Cahyono saat menjelaskan kiat-kiat yang dia lakukan untuk berprestasi. Di belakangnya, dari kiri Ibu Sakina Nursarifa (moderator), Bapak Anggono Raras, dan Mas Muhammad Rizky.

     Antusiasme peserta sungguh luar biasa terhadap ketiga pembicara tersebut. Hal ini terlihat ketika dibuka sesi tanya jawab, banyak peserta yang mengacungkan jari untuk bertanya kepada ketiga pembicara tersebut. Suasana interaktif antara peserta dengan pembicara sungguh terlihat. Ditambah dengan di akhir acara, Bapak Dr. H. Anggono Tirto Sakti, ST, S.IP., MM juga berbalik memberikan pertanyaan kepada peserta dengan memberikan hadiah buku karangan beliau bagi peserta yang mampu menjawab.

Gambar 3. Antusiasme peserta ketika sesi tanya jawab.

      Dengan adanya acara kuliah umum ini diharapkan mampu memompa semangat mahasiswa-mahasiswa baru untuk terus berprestasi, menumbuhkan jiwa wirausaha, dan menanamkan bekal untuk menghadapi dunia kerja nantinya.