Senin, 19 September 2016 - 09:18:12 WIB

KULIAH UMUM DENGAN TEMA ''LOCAL GOVERNMENT ORGANIZATION AND CHANGE MANAGEMENT''

       Kamis, 15 januari 2016 Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Kuliah Umum oleh Profesor Walter Maier dari Senior Experten Services (SES) Jerman. Kuliah Umum dengan Tema “Local Government Organization and Change Management” yang bertempat di Hall Sekolah Vokasi UGM dihadiri oleh civitas akademik antara lain mahasiswab dan dosen dari Departemen Ekonomika dan Bisnis serta Departemen Teknik SV UGM.

       Acara dimulai dari pukul 08.00 – 11.30 WIB, yang diawali dengan pemaparan materi oleh Muhammad Huda Albana, MPA sebagai perwakilan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Provinsi DIY. Materi berisis tentang “Paradiplomacy as A Form of New Public Management: Best Practices from Yogyakarta Special Region”. Menurut Huda, paradiplomasi adalah hubungan internasional yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dengan tujuan untuk mempromosikan minat daerah tersebut. Huda menunjukkan beberapa kerjasama yang dilakukan oleh Provinsi DIY dengan beberapa Negara, antara lain dengan pemerintah daerah Yamanashi di Jepang yang sama-sama memiliki potensi gunung api, yaitu Gunung Fuji dan Gunung Merapi dalam rangka kerjasama menanggulangi bencana.

        Pembicara kedua adalah Profesor Walter Maier. Profesor Walter Maier merupakan Profesor emeritus dari University of Applied Sciences Ludwigsburg, Jerman. Prof. Walter berkunjung ke DEB SV-UGM selama satu bulan dalam rangka Visiting Professor pada Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Walter memaparkan materi tentang “Decentralization and New Public managenet (NPM)”. Menurut Prof. Walter, yang dimaksud dengan NPM adalah perubahan dari orientasi input ke output. Prof. Walter juga menjelaskan tentang tiga indikator keberhasilan suatu perubahan, yaitu mengurangi penggunaan sumberdaya, memperbaiki kualitas, dan kemampuan kontrol yang lebih baik.