Jumat, 24 Oktober 2014 - 15:18:03 WIB

MOU dengan PT Zahir Internasional dan PT Net21Plus – MYOB

Peran Peguruan Tinggi kedepan akan sangat penting seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Program Studi D3 Akuntansi Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM sebagai prodi yang memiliki konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi berusaha menyiapkan agar mahasiswa lebih terampil dengan teknologi yang telah berkembang khususnya pada software akuntansi. Untuk itu, pada hari selasa, 26 Agustus 2014 bertempat di hall eks perpustakaan diselenggarakan penandatangan kerjasama antara Program Diploma Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM dengan PT Zahir Internasional dan PT Net21Plus – MYOB. Kerjasama tersebut sebagai wujud CSR perusahaan terhadap penyediaan software akuntansi di Perguruan Tinggi, dan pemberian sertifikasi keahlian bagi setiap mahasiswa untuk peningkatan kompetensinya.
 
     Dalam rangkaian kegiatan penandatangan MoU tersebut juga dilaksanakan seminar dengan tema “Tantangan Mahasiswa Diploma Akuntansi Terhadap Perkembangan Sistem Informasi Akuntansi di Indonesia” dengan pembicara Sidik Djaja, BAdmin (Direktur PT Net21Plus – MYOB), Muh. Ismail Thalib, S, Kom, SE., M.M. (Direktur PT Zahir Internasional), Drs. Haryono, M. Com (dosen Akuntansi, FEB UGM) dan selaku moderator adalah Faiz Zamzami, SE., M. Acc., QIA.
 
     Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Sidik Djaja, bahwa mahasiswa Diploma akuntansi ebelum lulus harus dibekali beberapa tool yaitu penguasaan terhadap software akuntansi, e-spt, Ms Office & internet. Sedangkan menurut Muh. Ismail Thalib bahwa tantangan yang saat ini dihadapi adalah 97% Tenaga Kerja Bekerja di Perusahaan Beromset < 50M & Berkontribusi 56% terhadap PDB Indonesia.selain itu, pentingnya mahasiswa untuk dibelaki penguasaaan terhadap software akuntansi adalah untuk memahami dalam membaca laporan keuangan sekaligus mengambil keputusan bisnis dengan segera karena kini tampilan grafik analisis bisnis diciptakan lebih fleksibel dan informatif.
 
          Selanjutnya, menurut Haryono, Trend Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dipengaruhi oleh Perkembangan TIK yang relatif cepat, Trend pergeseran ke knowledge-based works, Perubahan pada transaction processing, Dari otomasisasi ke competitive advantage dan Penggunaan internet dan Globalisasi, selain itu, Haryono memaparkan pentingnya mahasiswa untuk mempelajari Sistem Informasi Akuntansi (SIA) karena luasnya karir akuntan dapat menjadi User, Auditor, atau Pengembang SIA, kemudian munculnya TIK baru menimbulkan SIA semakin kompleks, dan memahami operasi perusahaan, tidak bisa mengabaikan SIA.