Selasa, 02 Mei 2017 - 07:48:45 WIB

MAHASISWA DEBSV LOLOS SELEKSI HISAS14 2017

      Mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada berhasil lolos seleksi paper di Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS14) tahun 2017. Sebanyak 250 lebih paper yang terkirim namun hanya 75 paper saja yang terpilih dan 8 timnya berasal dari UGM yang berkesempatan menghadiri konferensi The 14th Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS14) 2017 di Faculty of Environmental and Earth Science, Sapporo, Hokkaido, Jepang.Salah satu mahasiswa Sekolah Vokasi yang tergabung dalam Tim UGM adalah Sapnah Rahmawati dari prodi Ekonomika Terapan 2015 dengan judul paper “AN EMPOWERMENT FOR RED-LIGHT DISTRICT COMMUNITY THROUGH HOME INDUSTRY FOR SURABAYA SOUVENIRS: ''''DOLLY'''' SHUTDOWN AFTERMATH”.


     Kegiatan ini telah berlangsung selama dua hari, yaitu 18 dan 19 Maret 2017. HISAS14 tahun ini mengangkat tema “Indonesian Sustainable Development Goals: Chance and Challenge for A Better Future”. Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting merupakan kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hokkaido. Kegiatan ini sebagai wadah akademisi dan mahasiswa di Indonesia untuk dapat memublikasikan hasil penelitiannya sekaligus menjadi ajang untuk memperluas jaringan dalam dunia ilmiah.

    HISAS14 pada tahun 2017 ini dilaksanakan selama dua hari, di hari pertama para peserta mengikuti International Conference dan di hari kedua mereka mengikuti Learning Trip.egiatan di hari pertama, yaitu International Conference diisi seminar dengan menghadirkan invited speaker Dr. Maria Stephany yang membahas mengenai pertanian dan Mr. Shuji Tamamura yang membahas mengenai teknologi methane coal. Sementara sesi presentasi ilmiah dan sharing with senpai diisi oleh Dr. Bambang Wijanarko (Ketua KPK periode 2015).

Sesi presentasi ilmiah dibagi dalam lima klaster, yaitu Health and Life Science,  Innovation and Technology, Agriculture, Sustainable Environment and Renewable Energy dan Social and Human Science. Sedangkan learning trip, para peserta mengunjungi beberapa tempat di Sapporo, seperti Sapporo Disaster Prevention Center, Masjid Sapporo, Akarengga, Odori Park, Sapporo Clock Tower, dan Sapporo TV Tower (Red: Ang/Sap)