Selasa, 02 Mei 2017 - 16:33:49 WIB

MAHASISWA DEBSV JUARA 3 LOMBA KARYA TULIS TINGKAT NASIONAL

    Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Development Economic Festival. Kegiatan berlangsung pada 24-26 April 2017 di Universitas Teknologi Sumbawa. Tim UGM beranggotakan Sapnah Rahmawati (Sekolah Vokasi), Ayuseptiani Asari Putri (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), dan Jepri Aleski (Fakultas Pertanian) berhasil menyabet juara tiga dengan dengan judul karya tulis “Surjan Agriculture System (SAS) SEBAGAI STRATEGI MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN PANGAN NASIONAL DAN MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT”

    "Penelitian yang kami angkat mengenai kearifan lokal sistem sawah surjan yang mana sistem sawah ini telah dilakukan secara turun menurun, terutama di Kabupaten Kulon Progo. Sistem ini memberikan dampak positif yaitu meningkatkan diversitas hasil pertanian yang besar, mengoptimalkan pemupukan dan dapat menekan siklus hama. Selain itu juga sistem ini cocok digunakan pada keadaan lahan yang kering seperti di Kulon Progo sehingga dapat menopang perekonomian masyarakat. “
Kompetisi lomba karya tulis yang digelar oleh Forum Resmi Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Teknologi Sumbawa ini diikuti puluhan tim dari berbagai universitas di Indonesia. kompetisi ini bersaing sangat ketat dengan puluhan tim lain. Di babak final, tim UGM harus berkompetisi dengan 12 finalis lain untuk mempresentasikan gagasan penelitian yang diangkat.