Rabu, 24 Oktober 2018 - 07:16:09 WIB

Perresmian Laboratorium Mini Bank kolaborasi Dosen dan Mahasiswa DTEDI dengan DEB SV

Yogyakarta (19/10) – Sekolah Vokasi UGM meresmikan sarana berbasis teknologi yang bekerjasama dengan PT Bank Central Asia (BCA) di Departemen Ekonomika dan Bisnis SV UGM. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh pejabat dari BCA yaitu Ibu Inge Setiawati selaku Kepala Satuan Kerja CSR BCA, Bapak Sapto Rachmadi selaku Adviser BCA, Bapak Chandra Satya selaku Kepala divisi System Informasi BCA dan segenap Tim BCA. Adapun dari SV UGM yg hadir dalam acara tersebut di antaranya Dekan SV UGM Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni dan Perencanaan Strategis Bapak Radhian Krisnaputra, S.T., M.Eng., Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis Ibu Dra. Ike Yuli Andjani, M.Si., Ketua Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Bapak Dr. Nur Rokhman, S.Si., M.Kom. Para dosen dan mahasiswa DEB serta DTEDI juga turut hadir dalam acara peresmian tersebut.

Dekan Sekolah Vokasi membuka acara dengan memberikan sambutan; beliau mengucapkan terimakasih kepada Mitra BCA. Beliau juga mengatakan “Aplikasi teknologi ini akan di terapkan pada kantin yang ada di SV UGM. Kita dari SV UGM telah mendapatkan sponsor knowledge dan technology dari BCA. Namun yang paling penting adalah SDM kita, karena mau tidak mau kita harus beralih ke jaman teknologi dan dengan begitu SDM kita mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman agar bisa lebih maju lagi”.

Sebelum acara serah terima dimulai, Ibu Inge Setiawati memberikan sambutan,

“Penantian panjang yang sudah membuahkan hasil, BCA yang sudah berkiprah selama 1 tahun kini telah berfokus ke SDM Indonesia. BCA sangat melihat pentingnya kemajuan dunia digital seperti saat ini kebanyakan dunia bisnis telah berbasis digital. Dengan adanya laboratorium mini bank ini merupakan salah satu upaya kami untuk berbagi dan saya sangat berterima kasih kepada UGM khususnya SV UGM, dalam mewujudkan kerjasama untuk meningkatkan SDM Indonesia.”

 

BCA memberikan bantuan Laboratorium Mini Bank senilai Rp 845 juta (bangunan, furniture, peralatan) dan supervisi pembangunan sistem mini bank yang dihasilkan dari kolaborasi antara Dosen, Mahasiswa DTEDI dan DEB. Mereka telah dibimbing oleh TIM Bapak Candra dalam rangka untuk mendukung praktik kegiatan operasional kerja cabang. Mahasiswa TEDI memberikan output berupa sistem mini bank yang operasional dasarnya dalam hal transaksi Customer Service dan Teller sehingga dengan ini bisa memberikan pembelajaran bagi mahasiswa DEB khususnya dalam pengoperasian mini bank dan aplikasi nyata di dunia kerja perbankan.(sv.ugm.ac.id)