Jumat, 01 Juli 2016 - 15:03:24 WIB

PENGUMUMAN

KALENDER AKADEMIK

 

 

 

 

Program Diploma adalah satu dari dua Jalur Pendidikan Tinggi di Indonesia (SK Mendikbud RI/No. 056/V/1994) yang mengutamakan pendidikan melalui penguasaan keahlian dan ketrampilan dibidang keilmuannya.
Sementara itu kegiatan perusahaan dalam bisnis adalah praktik nyata dari konsep maupun teori keilmuan. Perusahaan akan mengharapkan memperoleh karyawan yang berpendidikan tinggi dan siap kerja. Program Diploma mendidik ulusannya siap kerja (60% muatan kurikulum adalah mata kuliah praktik) untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Perkuliahan Diploma Ekonomi  Sekolah Vokasi UGM menggunakan satuan semester. Setiap tahun kuliah terbagi dalam 2 semester. Semester I berlangsung dari bulan September sampai dengan bulan Januari, Semester II dari bulan Februari sampai dengan bulan Juli. Di antara Semester II dan I disisipkan Semester Pendek selama satu bulan. Kegiatan perkuliahan pada semester pendek diatur baik akademik maupun administratif - dalam ketentuan tersendiri. Tujuan dari semester pendek adalah membantu mengatasi persoalan masa dan beban studi mahasiswa.

Nilai Kredit
Nilai kredit adalah satuan kredit semester (sks) yaitu ukuran kegiatan belajar-mengajar setiap perkuliahan baik teori maupun praktikum dalam satu semester, terdiri dari :

  • 1 jam (50 menit) tatap muka yang terjadual dengan staf pengajar
  • 1 jam kegiatan akademik terstruktur (kegiatan studi yang tidak terjadual tetapi direncanakan oleh staf pengajar
  • 1 jam kegiatan akademik mandiri

Penentuan Beban Studi dalam Satu Semester
Jumlah nilai kredit yang dapat diambil pada semester berikutnya ditentukan berdasar IP (Indeks Prestasi) semester yang baru selesai ditempuh, dan ditentukan sebagai berikut:

IP <= 2,0 = 18 SKS
2,0 =< IP < 2,5 = 20 SKS
2,5 =< IP < 3,0 = 22 SKS
IP >= 3,0 = 24 SKS

Mahasiswa yang mulai aktif setelah tidak aktif diijinkan mengambil maksimal 18 sks.