Selasa, 12 Maret 2019 - 13:34:21 WIB

PELAKSANAAN PENDIDIKAN

 SISTEM KREDIT SEMESTER

Sistem Kredit Semester adalah sistem penyelenggaran pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa. Satuan kredit semester (sks) ditentukan untuk setiap kegiatan seperti kuliah, praktik,  praktikum, praktik lapangan (magang), dan tugas akhir. Jumlah sks untuk masing-masing kegiatan pendidikan ditentukan oleh jumlah jam yang digunakan untuk kegiatan itu.

   a. Nilai Kredit Semester Untuk Perkuliahan

Nilai kredit semester perkuliahan ditentukan berdasarkan beban kegiatan yang meliputi keseluruhan tiga macam kegiatan perminggu,  satu sks berarti: 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk kuliah;  60 menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal-soal dan 60 menit acara kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain suatu tugas akademik, misalnya dalam bentuk membaca buku acuan.

 

  b. Nilai Kredit Semester untuk Penelitian dan Kerja Lapangan

Satu kredit semester sama dengan penyelesaian kegiatan selama 4-5 jam per minggu diiringi 2 (dua) jam kegiatan terstruktur dansekitar 2 (dua) jam kegiatan mandiri untuk satu semester.

 

  c. Nilai Kredit untuk Praktik/Praktikum  di Laboratorium

Nilai satu sks adalah beban tugas di laboratorium sebanyak 170 menitper minggu.

 

BEBAN STUDI  DALAM SATU SEMESTER

Beban studi maupun susunan kegiatan studi yang diambil oleh seorang mahasiswa dalam satu semester menggunakan sistem paket, artinya mata kuliah yang ditawarkan dalam satu semester harus diambil seluruhnya. Bila nilai mahasiswa untuk mata kuliah tertentu dalam evaluasi tengah semester dan akhir semester dianggap tidak mencukupi, maka akan diadakan remedial untuk mata kuliah tersebut. Mahasiswa diwajibkan mengikuti remedial bila nilai evaluasi kurang dari 60.

 

KALENDER AKADEMIK