Kamis, 14 Januari 2016 - 14:42:05 WIB

Peraturan Akademik

Pelaksanaan Perkuliahan

  1. Setiap Dosen pengampu mata kuliah wajib menyerahkan Silabus ke Bagian Akademik sebelum perkuliahan dimulai.
  2. Total perkuliahan akan diselenggarakan sebanyak 14 kali pertemuan @ 2,5 jam untuk matakuliah teori dan 13 kali pertemuan @ 2,5 jam untuk matakuliah praktikum dalam satu semester.
  3. Kehadiran mahasiswa minimal 75% dari total perkuliahan yang diselenggarakan sebagai syarat untuk dapat mengikuti ujian akhir.
  4. Jika terdapat Kuliah pengganti, bagi mahasiswa yang tidak dapat mengikutinya, maka akan diperhitungkan sebagai mahasiswa yang hadir.
  5. Apabila ada kuliah pengganti, Dosen dimohon mengisi daftar hadir pada kolom pengganti.
  6. Dispensasi untuk tidak mengikuti kuliah hanya diberikan kepada mahasiswa jika:
    • Sakit (menyerahkan surat dokter)
    • Terkena musibah ( yang bersangkutan atau keluarganya, dengan menyerahkan bukti-bukti pendukung)
    • Mewakili UGM (disertai surat dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan).
  7. Mahasiswa wajib menyerahkan Surat ijin ketidakhadiran kuliah ke Bagian Akademik Program Diploma maksimal pada pertemuan (minggu) berikutnya

Penyelenggaraan Ujian

  1. Ujian yang sudah dijadwalkan oleh program akan diselenggarakan sebanyak 2 kali, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).
  2. Secara formal, Program memfasilitasi Ujian Susulan bagi mahasiswa, jika:
    • Sakit dengan rawat inap (menyerahkan bukti surat rawat inap dari rumah sakit)
    • Terkena musibah dengan meninggalnya anggota Keluarga Inti (yang dibuktikan dengan surat kematian)
    • Mahasiswa mendapatkan mandat untuk mewakili suatu kegiatan DEB/SV/UGM dalam ajang baik lokal, nasional maupun internasional dibuktikan dengan surat yang ditandatangani pejabat yang memberikan mandat.
  3. Pengajuan ujian susulan paling lambat 3 hari setelah jadwal ujian berakhir (baik UTS maupun UAS).
  4. Persetujuan dan Penyelenggaraan Ujian Susulan dilakukan oleh Program Diploma dan memohon bantuan Bapak/Ibu dosen pengampu mata kuliah untuk membuat soal ujian.

Penilaian

  1. Program mewajibkan untuk penilaian mata kuliah, minimal terdapat tiga komponen nilai, yaitu Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester dan Tugas-tugas atau Kuis atau Partisipasi dengan bobot penilaian yang ditentukan oleh dosen pengampu.
  2. Dosen dimohon sudah dapat menyerahkan Nilai matakuliah yang telah diujikan ke Bagian Akademik maksimal satu minggu setelah diujikan.
  3. Dosen dimohon agar menyerahkan Nilai secara lengkap (minimal tiga atau seperti yang tertera dalam silabus) ke Bagian Akademik untuk diumumkan ke Mahasiswa.