Selasa, 18 Oktober 2016 - 11:22:21 WIB

Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (DEBSV UGM) adalah salah satu Program Pendidikan Tinggi di lingkungan UGM. DEBSV UGM adalah penyelenggara Pendidikan Tinggi Profesional dalam sistem Pendidikan Tinggi Nasional di Indonesia yaitu perkembangan dari Program Diploma Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (PP no. 60/1999) yang kemudian diperbarui melaui SK Rektor (437/P/SK/HT/2010) menjadi Program diploma Sekolah Vokasi yang mencakup tiga program studi yaitu Akuntansi, Ekonomika Terapan, dan Manajemen.
DEBSV UGM mendidik lulusannya siap kerja - oleh karena itu komposisi kurikulumnya dirancang dengan lebih menitikberatkan pada mata kuliah praktikum - sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja profesional dan tetap berpedoman pada kurikulum nasional pendidikan tinggi ekonomi.

SEJARAH PENDIRIAN

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan Universitas tertua dan terbesar di Indonesia. Diresmikan pada tanggal 19 Desember 1949 oleh Presiden Soekarno di Pagelaran Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Pada saat didirikan, UGM hanya memiliki 6 fakultas. Saat ini UGM memiliki 18 fakultas termasuk 1 sekolah pascasarjana (S-2 dan S-3) yang terdiri dari beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Visi dan Misi UGM dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Kampus UGM berlokasi di Bulaksumur yang terletak di Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan menempati areal seluas 400 hektar serta ditunjang fasilitas umum meliputi Auditorium, Gama Book Plaza, Pusat Kesenian, Guest House, Gelanggang Mahasiswa, RSU Dr. Sardjito, Masjid Kampus, Gelanggang Olah Raga, Asrama, Koperasi, Percetakan, Kantor Pos, Bank, Unit Pemadam Kebakaran dan Pos Polisi. Untuk menunjang aktivitas operasional UGM mempunyai berbagai pusat-pusat penelitian, pusat-pusat studi, pusat-pusat pengabdian masyarakat, laboratorium, bengkel, serta berbagai kebun dan hutan percobaan.

Sejarah Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM dimulai dari Akademi Administrasi Niaga (AAN) Negeri Yogyakarta. Pada tanggal 3 Mei 1976 berdasarkan SK Menteri P&K Nomor 042/K/1975 tanggal 18 Maret 1975, AAN diintegrasi ke FE UGM dengan nama Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PPAP) FE UGM.
Tahun 1983 PAAP FE UGM ditetapkan sebagai fakultas yang berdiri sendiri dengan nama Fakultas Non-Gelar Ekonomi (FNE) UGM. Merujuk PP No. 30 Tahun 1990, status FNE UGM diintegrasikan ke dalam Fakultas Ekonomi UGM sebagai sub sistem dalam bentuk Program Diploma FEB UGM.
Tahun 2008, berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 518/P/SK/HT/2008 tentang pengalihan Program Diploma di lingkungan masing-masing Fakultas ke dalam Sekolah Vokasi, maka Program Diploma Ekonomika dan Bisnis bergabung dengan Program Diploma yang lain yang ada di lingkungan UGM ke dalam Sekolah Vokasi UGM dengan nama Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM.
Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM adalah Penyelenggara Pendidikan Tinggi Profesional dalam Sistem Pendidikan Tinggi Nasional di Indonesia (PP No. 60/1999). Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM mendidik mahasiswa dan menghasilkan lulusan profesional. Oleh karena itu kurikulum dirancang dengan menitikberatkan pada matakuliah praktikum. Lulusan Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja profesional dan tetap berpedoman pada kurikulum nasional.

 

 
 
Anda Pengunjung ke : web counter yang melihat halaman ini